Resume Kelas Menulis Online Bersama Om Jay
Rabu,
15 April 2020
19.00
– 21.00
KARYA
INOVASI DAN KUALITAS DIRI
Bersama
: Tri Agus Cahyono, M.Pd
e-mail:
3agusgurdacil@gmail.com
Juara
I INOBEL SD Bidang MIPA Tahun 2016
Pak
Tri lahir di Pacitan, 22 Agustus 1982. Beliau adalah seorang guru di SD Negeri
Belik Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Sehari-hari beliau menempuh jarak
140km untuk pulang dan pergi dari rumah beliau di RT. 01 RW. 03 Menadi
Kec./Kab. Pacitan Jawa Timur.
Pak
Tri menamatkan pendidikan terakhir Program Studi Pascasarjana Universitas
Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Magister Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015
melalui beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat Cum Laude.
Prestasi
yang telah diraih oleh Pak Tri adalah telah mendapatkan berbagai penghargaan
sebagai berikut:
- Guru Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016.
- Juara I Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
- Penghargaan Short Course ke Jepang Tahun 2017
- Finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018.
- Finalis Guru Berdedikasi TK Nasional SD 2019
Pada hakikatnya
sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang. Sesuai
taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool, ada 6 tahapan berfikir
kognitif:
- Mengingat (C1)
- Memahami (C2)
- Menerapkan (C3)
- Menganalis (C4)
- Mengevaluasi (C5)
- Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi
tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir. Jadi
ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh
melewati tahapan2 tersebut.
Jangan sampai kita berinovasi tapi:
- Tidak tahu ilmunya
- Tidak paham maksudnya
- Tidak pernah menggunakan
- Tidak bisa menganalisis bagian-bagiannya
- Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya
jika ingin menciptakan karya inovasi maka kita harus belajar menguasai materi
keilmuan dari karya tersebut.
Ketika final
lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya
tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana
penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi
dan tanya-jawab.
Cara belajar
untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi
adalah dengan bekerja. Belajar kita
lakukan pada saat mengajar. Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar
Hal yang
membuat Pak Tri tertarik melakukan inovasi pemeblajaran di kelas adalah rasa
ketidakpuasan yang muncul setelah mengevaluasi pembelajaran C1 sampai dengan C5.
Daya dan cipta muncul untuk menjawab ketidakpuasan tersebut.
Kunci membuat inovasi adalah APIK:
- Asli (tidak menjiplak)
- Perlu (benar-benar dibutuhkan)
- Inovatif
- Konsisten
Pada INOBEL SD
Tahun 2016, Pak Tri berhasil menjadi Juara 1. Beliau membuat media bernama Planetarium Bekam. Media ini merupakan
hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini beliau gunakan
yaitu globe. Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa saja. Anak
tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang memuaskan. Prestasi
kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi. Motivasi rendah lebih disebabkan
materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak). Zona motivasi anak itu adalah
sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan. Jadi jika materi terlalu sulit dan
terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi
Ketika
menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi
& Bulan, anak dipaksa berfikir sangat abstrak. Fungsi media ini adalah mempermudah observasi
Ketika anak
memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan
dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit.
Disinilah ketidakpuasan terhadap globe
muncul. Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam menjelaskan materi
tersebut
Kelebihan:
- Model yg paling sesuai
- Ada di sekolah
- Mudah digunakan
- ...dll
Kekurangan:
- Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan. Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas. Khusus pada gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep tersebut. Semisal Gerak semu harian matahari. Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari. Matahari tidak bergerak tetapi yg bergerak adalah bumi.
- Tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari sehingga menjadi sulit bagi anak maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar
Itu kendala yang harus diselesaikan
oleh Pak Tri dikelas. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, beliau memanfaatkan
kamera untuk mengambil foto dan video. Dan lahirlah karya yang berhasil
mengantarkan beliau menuju ajang bergengsi.
Pada sesi tanya jawab, berikut
rangkuman pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh Pak Tri.
- Karya inobel yang juara tidak selalu mengandung unsur TIK, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan melebihi karya yang berbasis TIK.
- Media yang dipertimbangkan oleh dewan juri Inobel bukanlah kelebihan dari sisi sifat tradisional atau modernnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan ide, dan kemudahan untuk digunakandan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru atau dibuat oleh guru lain atau sulit diapllikasikan di daerah-daerah tertentu maka nilainya akan kurang.
- Kerjasama rekan-rekan guru dan kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk perkembangan karier seorang guru. Apalagi ketika guru tersebut harus mengikuti kegiatan-kegiatan diluar sekolah.
- Syarat guru berdedikasi tahun 2016 adalah penunjukan dinas kabupaten/propinsi yang diambilkan dari Gupres (sekolah khusus) peringkat terbaik. Kalau 2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan rekomendasi Dikpora propinsi.
- Untuk inobel, minimalkan administrasi, lebih ke hal-hal aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyakan hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja
- Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design). Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise.
- Karya yang bagus tidak dilihat dari multifungsinya tetapi pada unsur berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah.
- Cara membuat karya inovatif adalah dengan menerapkan APIK. Kunci inovasi adalah: menemukan baru atau menyempurnakan yang lama.
- Pendaftaran inobel adalah melalui seleksi karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine
Kesimpulan
Dalam
berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan
sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg
akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran.
Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat, OGN akan dapat, Gupres juga akan
kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas.
Mari berinovasi ...
No comments:
Post a Comment