Monday, June 22, 2020

Manfaat Menulis Dalam Group


Tantangan Menulis 150 - 300 kata
Kelas Menulis Online Bersama Om Jay
Senin, 22 Juni 2020


MANFAAT BELAJAR MENULIS DALAM GROUP


Menulis adalah salah satu kegiatan dalam menuangkan ide secara tertulis. Meskipun banyak sekali yang telah terucap secara lisan, belum tentu kita memiliki kemampuan dalam menuliskan ide yang telah terucap. Menulis memerlukan latihan secara kontinyu, bukan hasil instant apalagi kebut semalam. 

Guru sebagai salah satu tenaga profesional memiliki kewajiban untuk mengembangkan diri. Hasil pengembangan diri tersebut dikemas dalam bentuk tulisan sebagai bukti fisik hasil karya pengembangan diri. Maka sebagai konsekuensi, kelemahan dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan harus  mulai dihapus. Guru harus mulai belajat menulis.

Banyak cara belajar menulis. Salah satunya adalah belajar menulis secara kelompok. Beberapa orang bisa membentuk komunitas menulis baik secara daring maupun luring. Secara daring, peserta bisa berasal dari berbagai wilayah dengan geografis yang bahkan berjauhan. Peserta biasanya memanfaatkan aplikasi teknologi dalam berhubungan. Aplikasi yang sekarang sedang banyak digemari antara lain whatsapp, telegram, google classroom, dan lain-lain. Secara luring (luar jaringan) peserta menentukan tempat dan waktu untuk bertemu tatap muka. Jika jarak tempat tinggal berdekatan tidaklahe mendapatkan masalah. Namun peserta akan mempertimbangkan kemampuan mereka dalam menjangkau lokasi pertemuan jika jarak tempuhnya jauh dari tempat tinggal.

Apapun cara yang ditempuh, beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh peserta dalam belajar menulis secara group antara lain: (1) peserta bisa saling mendapatkan ode gaya menulis, (2) peserta bisa memperkaya literasi dari tulisan peserta lain, dan (3) peserta bisa membagi tulisannya ke peserta lain.

Terkadang, penulis mengalami macet dalam menulis. Hal tersebut bisa terjadi karena penulis memiliki kebingungan akan menulis apa selanjutnya. Dengan membaca-baca tulisan penulis lain maka penulis bisa mendapatkan inspirasi gaya tulisan atau kata-kata yang akan dipakai. 

Seorang penulis harus sering membaca untuk menambah atau memperbarui informasi. Dari tulisan penulis lain, seorang penulis bisa membaca dan menangkap idenya. Bahan bacaan penulis lain dapat dengan mudah didapatkan karena peserta lain akan membagi tulisannya dengan senang hati 

Dalam wadah komunitas menulis, penulis bisa membagi tulisannya agar bisa dibaca oleh peserta lain. Akan menjadi kepuasan seorang penulis jika tulisannya bisa dinikmati dan bermanfaat bagi orang lain. Saling berbagi adalah prinsip dalam komunitas menulis. Dalam komunitas tersebut, semua peserta bisa saling memberi dan menerima.

Dari manfaat belajar menulis dalam group diatas, tentu telah membukakan wawasan bahwa kemampuan menulis bisa didapatkan dengan berbagi bersama. Semua peserta bisa berkembang bersama.

Mari mulai menulis, Salam blogger !


Malang, 22 Juni 2020
Penulis
Wiji Indayati
Gelombang 8

4 comments:

PROGRAM BUDIDAYA JAHE MERAH MEDIA CHOCOPEAT

  PROGRAM BUDIDAYA JAHE MERAH MEDIA CHOCOPEAT Oleh: Wiji Indayati –SMP Negeri 3 Sumbermanjing Wetan CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang   ...