Sunday, April 19, 2020

Mau Coba Rempeyek Kacang ?

MAU COBA REMPEYEK KACANG ??


Rempeyek, sebuah kudapan yang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, terutama masakan jawa. Makanan berasa gurih ini sering dijadikan teman makan menu utama. Nasi pecel akan semakin menggoda ketika diatasnya ditumpangkan rempeyek ini. Nasi jagung, urap sayur pun semakin menggugah selera jika ada rempeyek diatasnya.

Ada beberapa jenis rempeyek yang sering dijumpai. Ada rempeyek kacang tanah, rempeyek kacang hijau, rempeyek udang, rempeyek kedelai. Bahkan sekarang, berbagai varian rempeyek pun mulai dikembangkan. Mulai muncul rempeyek pare, rempeyek daun bayam, rempeyek kelapa dan lain sebagainya.

Proses membuat rempeyek ini sangat mudah. Kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Kali ini, kita akan mencoba membuat rempeyek kacang. Bahan yang dibutuhkan:
- 500gr tepung beras
- 100gr tepung tapioka
- 250gr kacang tanah (atau sesuai selera
- 20 lbr daun jeruk purut iris halus
- garam secukupnya
- royco secukupnya
- 1 sachet santan kara
- air secukupnya
Bumbu (dihaluskan)
- 4 siung bawang putih
- 2 sdm ketumbar
- 2 ruas jari kunir
- 2 ruas jari kencur
- 5 butir kemiri
Cara membuat:
Campurkan semua bahan dan bumbu kecuali kacang tanah. Adoni hingga menjadi adonan yang encer. Sendok adonan dengan sendok sayur, beri kacang tanah pada sendok sayur. Tuang ke wajan dengan minyak yang sudah panas. Tuang adonan mulai dari pinggir wajan yang tidak ada minyaknya. Goreng hingga kering kekuningan. Angkat dan tiriskan.
Rempeyek siap menemani makan kita.

Bagi pecinta makanan gurih, akan selalu kangen dengan sensasi rasa rempeyek. Bagi yang belum pernah mencoba, silahkan mulai mencicipi, dan bersiap-siaplah untuk ketagihan kudapan asli Indoneaia ini.


Catatan Minggu, 19 April 2020
Menulis bersama Om Jay
Oleh,
Wiji Indayati


4 comments:

PROGRAM BUDIDAYA JAHE MERAH MEDIA CHOCOPEAT

  PROGRAM BUDIDAYA JAHE MERAH MEDIA CHOCOPEAT Oleh: Wiji Indayati –SMP Negeri 3 Sumbermanjing Wetan CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang   ...