Wednesday, June 24, 2020

Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog bersama P Dedi Dwitagama


RESUME KELAS MENULIS ONLINE BERSAMA OM JAY
Rabu, 24 Juni 2020
19.00 – 21.00

MENDOKUMENTASIKAN KEGIATAN MELALUI BLOG



Narasumber: Dedi Dwitagama

Blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang-orang sedunia.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Pada tahun 2007 Wordpress muncul, seperti pola du dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki kelebihan dan keunggulan disbanding pendahulunya. Sekarang, wordpress sudah ada aplikasi di android dan iphone.
Manfaat blog bagi Pak Dedy yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat disekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun, seperti keranjang yang dititipkan di dunia maya.

Usahakan makin sering menulis, karena pengalaman menulis akan otomatis meningkatkan mutu tulisan, plus seriing-sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding. Balas komentar pembaca blog, hal itu akan meningkatkan menulis lagi.

Penulis buku hendaknya menempatkan diri sebagai pembaca buku yg ditulis. Kemudian amati tulisannya, menarik atau tidak, jawab sendiri secara jujur. Minta tolong juga pada teman atau keluarga untuk menilai. Perbaiki kekurangannya.

Supaya blog sering dikunjungi, kita harus mengunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita.
Saat tidak ada mood, kunjungi blog orang lain maka akan muncul ide, langsung tulis dan upload

Untuk memulai tulisan dalam blog bisa diawali dengan ide tulisan yang akan kita tulis sebagai kalimat pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan uraian yang diperlukan, sertakan foto dan video. Tulis pertama kali, atau terakhir sebelum uplod, gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel, misalnya: "Apa komentar kamu melihat meja belajar di sekolah banyak coretan dan tembok jalan yang kamu lewati banyak coretan seperti dua foto di atas?" 

Satu artikel bisa dimuat dalam beberapa blog. Blog itu seperti majalah atau rumah kita sendiri. Apapun boleh kita isikan. Tetapi jika memiliki kompasiana.com sebaiknya artikel tersebut diposting dulu disana baru dicopy paste ke blog lain. Kompas memiliki system yang bisa tahu jikatulisan kita sudah tayang ditempat lain dan hal itu membuat kita di suspen.

Cara membukukan artikel dalam blog kita:
  • Kumpulkan tulisan
  • Kelompokkan tulisan berdasarkan tema
  • Konsutasikan dengan editor atau penerbit


Kesimpulan

Manusia yg baik adalah manusia yg bermanfaat buat orang lain, peribahasa gajah mati meninggalkan gading, bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP. Apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula. Menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas. Nikmati hasilnya kemudian

Salam Blogger !

Penulis : Wiji Indayati

No comments:

Post a Comment

PROGRAM BUDIDAYA JAHE MERAH MEDIA CHOCOPEAT

  PROGRAM BUDIDAYA JAHE MERAH MEDIA CHOCOPEAT Oleh: Wiji Indayati –SMP Negeri 3 Sumbermanjing Wetan CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang   ...